Skip to main content

Raja Terlama,Terbesar dan Terkuat Di Tanah Jawa

PAKUBUWONO X


Sederet gelar ini ternyata di sandang oleh Paku Buwono X dari keraton Solo.Saking lamanya menjadi raja,hingga membangun dan mempercantik keratonnya.Bangunan yang sekarang,hampir semuanya adalah karyanya.Dan itu bisa dikenali,karena pada tiap-tiap bangunan yang didirikan selalu terdapat simbol 'PB X'

 Paku Buwono X lahir pada 29 November 1866.Menjadi putra mahkota di usia 3 tahun,pada 4 Oktober 1869.Kemudian di usia 26 tahun naik tahta pada 30 Maret 1893,dan mengangkat diri dari Sunan menjadi Susuhunan pada 3 Januari 1901.Setelah berkuasa selama 46 tahun,raja Solo ini kemudian meninggal pada 20 Februari 1939.

 Pada awal Paku Buwono X memerintah,pamor keraton Solo sudah sangat menyusut.Puncak kemerosotan ketika kekuasaan pengadilan benar-benar jatuh ketangan Belanda di tahun 1903.Setelah sebelumnya kekuasaan politik dan pertahanan telah seratusan tahun berada dalam cengkeraman kolonial.Sejak pusat Mataram masih di Kotagede,Jogjakarta.

 Namun di balik seluruh kekuasaan yang telah di lemahkan penjajah, Paku Buwono X mampu memanfaatkan sedikit kekuatan yang masih di milikinya.Yakni dengan mendukung berdirinya organisasi nasionalisme Boedi Oetomo dan Syarekat Islam di Solo.

 Dukungan itu di berikan dengan banyak para pejabat keraton yang di perintahkan menjadi pengurus Boedi Oetomo.Dan untuk menggalang dukungan pada Syarekat Islam,Paku Buwono X sering mengadakan kunjungan ke daerah-daerah.

 Sebuah kunjungan raja yang tiap kunjungan selalu di iringi ratusan orang pengikutnya.Namun karena Belanda mengkhawatirkan tindakan itu,pada masa Gubernur Jenderal De Vogel (1903),jumlah pengiring dibatasi hanya sekitar 200 orang.Dan ketika Van Wijk menjabat,dikurangi lagi menjadi 80 orang saja yang boleh mengiringi.

 Pantas Belanda khawatir,karena kunjungan raja jawa ini ternyata sangat efektif menggalang pendukung Syarekat Islam.Paku Buwono X berhasil menarik simpati rakyat dan para bupati sehingga Solo bisa menjadi kota yang turut mempelopori nasionalisme.

 Dalam catatan sejarah,kita dapatkan Paku Buwono X,telah mengunjungi Batavia, Buitenzorg (Bogor), Priyangan, Tasikmalaya, Pekalongan, Cirebon, Madiun, Surabaya, Bangkalan, Bali, Lombok, Kediri, Cepu bahkan hingga ke Lampung.

 Banyak sejarawan yang mengakuinya sebagai raja Jawa yang pertama kali menempatkan politik kunjungan kerja sebagai senjata melawan Belanda.Kunjungan yang bukan sekedar ritual menyapa rakyat dan rekreasi.Tetapi juga menunjukan eksistensi dirinya dalam meneguhkan kekuasaan Jawa yang harus di pertahankan.

 Akhirnya,pada waktu Gubernur jenderal Belanda dijabat oleh Shneider (1908),menyatakan pelarangannya atas kunjungan raja Solo ini.Meski dalam penilaian Belanda,ia adalah seorang anak manja,peminum,suka pesta,dan rajin bersolek,namun dalam pandangan orang jawa adalah seorang raja terbesar.Hingga gelar yang didapatkan dari rakyat jawa adalah 'Sinuwun Ingkang Minulyo soho Ingkang Wicaksono', atau Paduka yang mulia dan juga bijaksana.



 Yang menarik lagi dari kehidupan Paku Buwono X adalah jajaran medali yang ada di badannya.Tubuhnya yang gemuk dan semakin tambun menggelembung,konon menunjukan bahwa masih ada tersedia tempat untuk menggantungkan medali,meskipun telah ada 28 medali yang menghiasi bajunya.

 Paku Buwono X juga banyak mendapat medali penghargaan dari negara lain.Medali ini gemar sekali di pakai setiap ada kesempatan.Hingga baju kebesaran penuh medali.Konon bukan hanya didada dan bagian depan tubuhnya,melainkan juga mencantolkan medali-medali itu sampai kepunggungnya.


 Maka tak heran jika ada yang mengatakan dengan bercanda,bahwa raja Paku Buwono X adalah raja terbesar dan 'terbesar'.Karena saking besar tubuh yang dimilikinya.Dan satu lagi yang tidak bisa ditinggalkan tentang raja terbesar dan terlama di Solo ini,adalah banyaknya perempuan yang menjadi isterinya.

 Sejarah mencatat Paku Buwono X mempunyai isteri 45 orang dan putera-puterinya berjumlah 68 orang.Karena itulah,selain dikenal sebagai raja terlama dan 'terbesar',ia juga dikenang sebagai raja 'terkuat' di tanah jawa.

Terima kasih,
Semoga bermanfaat.


Ingin punya domain / web ( .co and .com ) dengan harga murah dan berkualitas,anda tidak akan salah memilih.Dan solusinya ada di sini Get your .Co or .Com for $7.99 at GoDaddy!

Comments

Popular posts from this blog

Dalil Tentang Selamatan Kematian

INILAH DALIL SELAMATAN KEMATIAN TERNYATA BANYAK DALIL TENTANG SELAMATAN KEMATIAN, DALILNYA TERTULIS DI KITAB WEDHA. #‎Selamatan‬, Yasinan dan tahlilan ternyata bukan dari islam, tapi dari ajaran agama hindu# LEBIH 200 DALIL DARI KITAB WEDHA (KITAB SUCI UMAT HINDU) TENTANG SELAMATAN 1,7,10,100 hari,nyewu, dll. 0leh : ROMO PINANDHITA SULINGGIH WINARNO, (sarjana agama hindu(s1) & pendeta berkasta brahmana, kasta brahmana adalah kasta/tingkatan tertinggi pada umat hindu). Alhamdulillah yang sekarang beliau Romo Pinandhita Sulinggih Winarno menjadi Mualaf/masuk Islam lalu beliau mengubah namanya menjadi Abdul Aziz , sekarang beliau tinggal di Blitar-Jawa Timur. Dulu beliau tinggal di Bali bersama keluarganya yang hindu, Beliau hampir dibunuh karena ingin masuk islam, beliau sering di ludahi mukanya karena ingin beragama islam & alhamdulillah ayahnya sebelum meninggal beliau juga memeluk agama islam. Abdul aziz berharap seluruh kaum muslimin membantu mempublikasika

Gabrielle..

Gejolak demi gejolak telah lama disimpan,walaupun positifnya adalah prestasi demi prestasi.Perkumpulan para Nabi telah dia ikuti, lingkaran khusus kenabian telah dia masuki,latihan bersama kemukjizatan telah dia lalui,dan terakhir yang cukup meyakinkan adalah dia dinobatkan sebagai calon Nabi tersopan,teramah,dan tentu saja yang mencerahkan. Tanah alkohol dan seks mengajarkan bahwa kenabian terlalu mahal.Siapa pun yang meraih harus membayar.Dirinya adalah harga.Kenabian itu indah,karena hanya mimpi.Seorang pemimpin besar terbunuh,karena itulah wahyu yang dia terima. Jhony kekasih Zulaikha .Jhony mati tertembak tepat dikepala,Zulaikha mendahuluinya dengan meminum racun serangga.Jhony harus mati tertembak ketika meluncurkan ayat-ayat suci.Dia menjadikan dirinya legenda para Nabi. Seluruh keluarga dia terbunuh satu demi satu.Seseorang yang selalu dikait-kaitkan dengan terbunuhnya bidadari terseksi dan menggoda, Zulaikha adalah seseorang yang dianggap punya skandal cinta dengan bi