Skip to main content

Al-Ikhwan Dimata Barat.


Di berbagai media khususnya media negara-negara Barat,Ikhwanul Muslimin sering dikait-kaitkan dengan Al-Qaeda.Pada faktanya,Ikhwanul Muslimin berbeda jauh dengan Al-Qaeda.Ideologi,sarana,dan aksi yang dilakukan oleh Al-Qaeda secara tegas ditolak oleh pimpinan Ikhwanul Muslimin.

Ikhwanul Muslimin lebih mendukung ide perubahan dan reformasi melalui jalan damai dan dialog yang konstruktif yang bersandarkan pada al-hujjah(alasan),al-mantiq(logika),al-bayyinah(jelas),dan ad-dalil(dalil).Kekerasan atau radikalisme bukan jalan perjuangan Ikhwanul Muslimin,kecuali jika negara tempat Ikhwanul Muslimin berada,terancam penjajahan dari bangsa lain.Inipun,kekerasan di sini sebenarnya lebih tepat disebut sebagai perlawanan,bukan radikalisme atau kekerasan sebagaimana yang dilakukan oleh kelompok teroris.Sebagai contoh adalah Hamas yang merupakan perpanjangan tangan "Ikhwanul Muslimin di Palestina".Syekh Ahmad Yassin pendiri Hamas adalah tokoh Ikhwanul Muslimin.


Mengutuk Terorisme.

Al-Ikwan Al-Muslimun mengutuk segala bentuk kriminalitas yang disebut dengan terorisme di seluruh belahan bumi di dunia Arab dan Islam,sebagaimana di belahan negara lainnya di dunia,seperti yang telah terjadi di New York dan Washington DC pada Serangan 11 September 2001.Begitu juga Al-Ikhwan sangat mengecam peristiwa anarkisme yang terjadi di Riyadh,Bali,Madrid dan lainnya.Dengan sangat jelas Al-Ikhwan mengumumkan bahwa tindakan-tindakan kriminalitas seperti itu sama sekali tidak didukung oleh Syariat Agama,dan Undang-undang manapun.

Al-Ikhwan Bukan Wahabi.

Di berbagai media,Ikhwanul Muslimin juga sering dikait-kaitkan dengan gerakan Wahabi.Pada faktanya,antara Al-Ikhwan dengan Wahabi berbeda jauh.Pengkait-kaitan Al-Ikhwan dengan Wahabi pada dasarnya disebabkan adanya kesamaan nama.Di dalam sejarah Wahabi di Arab Saudi,mereka memang pernah memiliki pasukan tempur yang bernama Al-Ikhwan,nama yang sama persis dengan Al-Ikhwan yang di Mesir.

Seorang penulis bernama Robert Lacey dalam catatan kaki bukunya yang berjudul "Kerajaan Pertrodolar Saudi Arabia" di halaman 180 sudah mewanti-wanti bahwa kelompok Al-Ikhwan dari Nejd ini tidak ada kaitannya dan tak boleh dicampur adukkan dengan Al-Ikhwan Al-Muslimun yang dibentuk di Mesir di tahun 1930-an dan masih aktif sampai saat ini.Secara pemikiran pun antara Ikhwanul Muslimin dengan Wahabi saling bertolak belakang.Ikhwanul Muslimin masuk ke dalam wilayah politik dalam perjuangannya (bahkan membentuk partai politik),sedangkan Wahabi sebaliknya,yaitu antipati terhadap partai politik.

Kredo.

Ikhwanul Muslimin memiliki kredo berupa:
1. Allah tujuan kami (Allahu ghayatuna)
2. Rasulullah teladan kami (Ar-Rasul qudwatuna)
3. Al-Qur'an landasan hukum kami (Al-Quran dusturuna)
4. Jihad jalan kami (Al-Jihad sabiluna)
5. Mati syahid di jalan Allah cita-cita kami yang tertinggi (Syahid fiisabilillah asma amanina).

Walaupun begitu,Ikhwanul Muslimin tetap mengikuti perkembangan teknologi dan tidak meninggalkannya Sebagai organisasi Islam moderat,Ikhwanul Muslimin diterima oleh segala lapisan dan pergerakan.Ikhwanul Muslimin menekankan adaptasi Islam terhadap era globalisasi.

Pemikiran dan pergerakan Ikhwanul Muslimin mencakup delapan aspek yang mencerminkan luasnya cakupan Islam sebagai ideologi yang mereka anut,yaitu Dakwah salafiyah (dakwah salaf),Thariqah sunniyah (jalan sunnah),Hakikat shufiyah (hakikat sufi),Hai'ah siyasiyah (lembaga politik),Jama'ah riyadhiyah (kelompok olahraga),Rabithah 'ilmiyah tsaqafiah (ikatan ilmiah berwawasan),Syirkah iqtishadiyah (perserikatan ekonomi),dan Fikrah ijtima'iyah (pemikiran sosial).

Pimpinan.

Pimpinan Ikhwanul Muslimin disebut Mursyid 'Am atau Ketua Umum.Adapun tugas dari Mursyid 'Am adalah untuk mengatur organisasi Ikhwanul Muslimin di seluruh dunia.

Berikut ini adalah daftar Mursyid 'Am yang pernah memimpin Ikhwanul Muslimin:
>Hassan al-Banna
>Hassanal-Hudhaibi (1972)
>Umar at-Tilmisani (1986)
>Muhammad Hamid Abu Nasr.
>Mustafa Masyhur (1996-2002)
>Ma'mun al-Hudhaibi (2002-2004)
>Muhammad Mahdi Akif (2002-2010)
>Muhammad Badie (2010).

Sumber: wikipedia

Comments

Popular posts from this blog

Raja Terlama,Terbesar dan Terkuat Di Tanah Jawa

PAKUBUWONO X Sederet gelar ini ternyata di sandang oleh Paku Buwono X dari keraton Solo.Saking lamanya menjadi raja,hingga membangun dan mempercantik keratonnya.Bangunan yang sekarang,hampir semuanya adalah karyanya.Dan itu bisa dikenali,karena pada tiap-tiap bangunan yang didirikan selalu terdapat simbol 'PB X'

Dalil Tentang Selamatan Kematian

INILAH DALIL SELAMATAN KEMATIAN TERNYATA BANYAK DALIL TENTANG SELAMATAN KEMATIAN, DALILNYA TERTULIS DI KITAB WEDHA. #‎Selamatan‬, Yasinan dan tahlilan ternyata bukan dari islam, tapi dari ajaran agama hindu# LEBIH 200 DALIL DARI KITAB WEDHA (KITAB SUCI UMAT HINDU) TENTANG SELAMATAN 1,7,10,100 hari,nyewu, dll. 0leh : ROMO PINANDHITA SULINGGIH WINARNO, (sarjana agama hindu(s1) & pendeta berkasta brahmana, kasta brahmana adalah kasta/tingkatan tertinggi pada umat hindu). Alhamdulillah yang sekarang beliau Romo Pinandhita Sulinggih Winarno menjadi Mualaf/masuk Islam lalu beliau mengubah namanya menjadi Abdul Aziz , sekarang beliau tinggal di Blitar-Jawa Timur. Dulu beliau tinggal di Bali bersama keluarganya yang hindu, Beliau hampir dibunuh karena ingin masuk islam, beliau sering di ludahi mukanya karena ingin beragama islam & alhamdulillah ayahnya sebelum meninggal beliau juga memeluk agama islam. Abdul aziz berharap seluruh kaum muslimin membantu mempublikasika

Cara memperkuat sinyal HP atau Modem

Dizaman yang serba modern dan canggih ini,kita tidak terlepas dari yang namanya Hp (Handphone),dari yang smart maupun yang jadul sekalipun.Dengan adanya alat seperti itu,komunikasi pun menjadi begitu dekat.Kita bagaikan mempunyai kekuatan super,berbicara jarak jauh. Selain untuk komunikasi,alat itu juga bisa dijadikan untuk berselancar didunia maya,baik itu mengirim pesan instan,chat,video call ataupun cuma iseng-iseng lihat si lady berbugil ria. Tetapi disamping itu,tidak semua tempat/wilayah bisa menikmati keajaiban alat itu,karena memang alat itu mempunyai batasan atau cakupan sinyal untuk bisa menangkap suara ataupun gambar yang akan kita manfaatkan darinya. Karena memang dialat itu sudah dilengkapi dengan kartu chip dari masing" operator berbayar.Tetapi disamping itu tidak semua operator mempunyai banyak BTS untuk menghantarkan sinyalnya.Maka sesuai judul diatas,saya akan memberikan sedikit tips sederhana tapi lumayan cukup bagus untuk menangkap sinyal hp atau modem